PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MAKASSAR JEANS HOUSE KOTA PALU
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Makassar Jeans House di Kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Kausal Komperatif, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka dalam penyajian data dan analisis menggunakan uji statistika, Kausal Komperatif merupakan penelitian yang dilakukan untuk membandingkan suatu variabel antara subjek yang berbeda dan dapat menemukan hubungan sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pelanggan Makassar Jeans House di Kota Palu dengan metode NonProbability Sampling yaitu sampel yang tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih sebagai sampel dan Teknik Accidental Sampling yaitu Teknik penentuan sampel secara kebutulan. Penelitian ini menggunkan Teori Zeithaml (1996) dimana ada 5 (lima) Indikator untuk mengukur Kualitas Pelayanan yang meliputi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan mempunyai hubungan yang kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0.766, Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. berdasarkan hasil koefisien determinasi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 58.7%, sedangkan sisanya 41.3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini
Copyright (c) 2021 Fachrul Alfajar, Muzakir Tawil, Mustainah Mustainah, Jetty Jetje Polii
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.